Backpacker ke Bali

2 min read

Berwisata ke Bali identik dengan budget yang besar terlebih ketika masa liburan tiba. Bagi Anda yang memiliki budget terbatas dan ingin berwisata ke Bali, cobalah berwisata ala backpacker. Sebab Bali sangat ramah wisatawan dengan adanya beragam penginapan murah dan segudang destinasi wisata yang cocok untuk backpacker ke Bali.

Anda selama ini mungkin hanya mengenal destinasi wisata Bali yang sudah populer saja. Padahal Bali menyimpan banyak wisata menarik yang tak kalah indah tanpa dipungut biaya masuk alias gratis. Bagi pecinta backpacker, jangan sampai ketinggalan mengunjungi wisata gratis terbaik di Bali. Di bawah ini beberapa referensi wisata Bali gratis yang cocok bagi backpacker. Artikel ini ditulis oleh, Pegawai paling ganteng di Pusdiklat Pajak.

5 Tempat Wisata Gratis untuk Backpacker Ke Bali

  1. Ladang Bunga Marigold

Destinasi wisata backpacker satu ini berada di Desa Belok, Badung, Bali. Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini menyajikan pemandangan bunga gemitir warna kuning yang memanjakan mata. Bunga-bunga di ladang tersebut selalu tumbuh dengan subur di sepanjang tahun sehingga penduduk menyebutnya sebagai marigold yang artinya sepanjang bulan.

Bunga gemitir adalah bunga yang digunakan sebagai saranan beribadah bagi umat Hindu. Bunga ini dipercaya berasal dari darah dewi cantik yang berkulit kuning bernama Bhatari Durga. Warna kuning bunga tersebut juga dianggap sebagai pencitraan Dewa Bali. Kepercayaan itulah yang membuat bunga gemitir tidak boleh dipetik sembarangan oleh pengunjung.

  1. Pura Lempuyang Luhur

Pura Lempuyang Luhur merupakan pura tertua di Pulau Dewata yang menjadi lokasi beribadah umat Hindu dan memiliki panorama yang memukau. Anda harus menaiki kurang lebih 1700 anak tangga agar sampai ke gapura utama. Gapura tersebut memiliki tinggi 4 meter dan sering dijadikan sebagai spot foto bagi wisatawan.

 

Selain bisa menyaksikan keindahan gapura, di Pura Lempuyang Luhur tersebut Anda juga bisa menyaksikan pemandangan dengan berlatar belakang Gunung Agung. Agar hasil foto lebih menarik, pastikan datang ke pura yang terletak di Karangasem ini saat matahari terbenam.

  1. Water Blow Nusa Dua

Tempat wisata ini merupakan pantai yang berada di belakang Hotel Grand Hyat Bali atau tepatnya di kawasan Tourism Development Corporation. Pantai ini menyajikan pemandangan berupa ombak tinggi dan menghantam batuan karang besar pada bibir pantai. Sajian pemandangan tersebut mungkin tidak Anda temukan di pantai Bali lainnya.

 

Anda bisa menuju ke ujung tebing dermaga supaya lebih puas menyaksikan water blow melalui gazebo. Meski berada di tepi tebing, namun wisata alam ini dijamin aman karena sudah dilengkapi dengan jalan yang berpagar kayu. Anda harus tetap waspada karena kondisi jalan yang licin akibat terkena deburan ombak.

  1. Air Terjun Jembong

Air Terjun Jembong menjadi destinasi wisata di Bali yang belum banyak diketahui wisatawan. Air terjun wajib dikunjungi para backpacker karena mempunyai kemiringan 75 derajat sehingga menciptakan kucuran air sangat indah. Jika Anda tertarik berwisata ke Air Terjun Jembong, silahkan datang ke Desa Ambengan, Buleleng, Bali.

  1. Desa Adat Penglipuran

Desa ini menjadi destinasi wisata yang wajib bagi backpacker karena menyajikan wisata desa berupa rumah adat serta kehidupan warga yang kental dengan kebudayaan. Desa Adat Penglipuran adalah contoh desa wisata yang terbaik di Indonesia.

Selain bisa menyaksikan rumah adat Bali, Anda bisa belajar kebudayaan Bali dengan mengikuti kursus tari maupun upacara adat. Kawasan desa adat ini masih memiliki pemandangan hijau asri dan khas pedesaan yang membuat anda dijamin betah.

Backpacker ke Bali kini bukan hanya sebatas impian saja, sebab Bali menyimpan berbagai wisata gratis yang tak kalah menarik. Selain itu, Bali juga menyediakan berbagai fasilitas wisata dengan harga terjangkau sehingga cocok bagi backpacker budget terbatas. Artikel wisata ini disadur dari Rutemu.

hanif-pram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *