Cara Membersihkan Cache Browser Google Chrome

2 min read

cara membersihkan cache chrome

Google Chrome merupakan salah satu browser paling populer dan telah digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Ia dikenal cukup ringan dan memiliki user interface yang mudah untuk digunakan, bahkan bagi pemula sekalipun.

Mungkin kalian juga merupakan salah satu dari pengguna setia browser yang satu ini. Namun kadang kala, tak jarang juga terjadi beberapa kendala saat menggunakan google chrome. Dan saat itu terjadi, banyak orang yang menyarankan untuk menghapus cache nya.

Bagi yang masih awam tentu bertanya-tanya, apa sih yang dimaksud dengan cache itu? Sebelum kita masuk ke pembahasan tentang cara membersihkan cache chrome, mari cari tahu terlebih dahulu defisi beserta fungsinya.

Secara sederhana, cache merupakan sebuah data yang disimpan secara sementara agar kemudian bisa digunakan lagi di lain waktu. Jadi ketika kita mengunjungi sebuah situs, maka browser ini akan melakukan caching terhadap beberapa file-file tertentu di situs tersebut.

Apa fungsinya? Supaya apabila kalian di kemudian hari mengunjungi situs tersebut lagi, maka kita tak perlu mengunduh datanya secara keseluruhan karena sudah ada data sementara yang disimpan sebelumnya. Sehingga hal tersebut akan memangkas penggunaan data beserta waktu yang dibutuhkan untuk meload suatu halaman website. Sudah mengerti?

Bayangkan saja begini, ketika kalian berpergian ke suatu tempat untuk pertama kali maka kadang harus mencari-cari jalannya. Namun ketika pergi ke tempat yang sama untuk kedua kalinya tentu akan lebih cepat dan mudah karena sudah mengetahui jalannya.

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa cache ini memiliki manfaat yang bagus. Lalu kenapa kita harus menghapus cache pada google chrome? Seiring dengan penggunaan browser setiap harinya dengan mengunjungi berbagai macam situs, maka cache yang diunduh akan semakin banyak.

Semua itu akan disimpan sementara di dalam memory lokal agar kemudian hari bisa diakses kembali saat dibutuhkan. Nah jumlah cache yang menumpuk inilah yang kemudian bisa menimbulkan masalah. Saat jumlahnya sudah terlalu banyak maka ia akan memenuhi ruang penyimpanan kalian.

Dan hal tersebut tentu dapat mempengaruhi kinerja dari perangkat tersebut, termasuk aplikasi-aplikasi di dalamnya. Oleh karena itulah sangat penting untuk membersihkan cache secara berkala supaya ia tidak menumpuk dan memenuhi ruang penyimpanan secara berlebihan. Apalagi ada cache yang sekiranya sudah tidak akan kita butuhkan lagi di lain waktu, jadi sebaiknya dihapus saja.

 

Cara Menghapus Cache Google Chrome

Untuk bisa membersihkan cache pada browser chrome, caranya sangatlah mudah. Kalian tinggal mengikuti tutorial berikut ini.

 

1. Buka Setting pada Google Chrome

cara membersihkan cache

Langkah pertama silahkan buka aplikasi google chrome yang telah terinstall di perangkat kalian. Selanjutnya, klik tanda titik tiga di bagian pojok kanan atas dan klik Settings/Pengaturan.

 

2. Buka Privacy and Security

membersihkan cache google chrome

Setelah masuk ke Settings, kalian akan disuguhkan berbagai macam pengaturan. Untuk menghapus cache yang ada di browser tersebut, silahkan klik pada opsi Privacy dan Security yang ada di bagian kiri.

 

3. Clear Browsing Data

clear cache chrome

Nah disini kalian tinggal pilih pada opsi Clear Browsing data untuk data menghapus data-data yang tersimpan akibat kegiatan berselancar di internet.

 

4. Clear Cache

membersihkan cache google chrome di laptop

Selanjutnya akan ada beberapa pilihan, untuk menghapus cache kalian berikan centang saja pada bagian Chached Images and Files. Bagi yang ingin menghapus history browser sekaligus juga bisa menceklis browsing history.

Kalian juga bisa mengatur rentang waktu data yang ingin dihapus pada bagian Time Range. Terakhir tinggal klik Clear Data.

 

5. Data Akan Dihapus

Dan terakhir browser akan segera menghapus file-file cache yang tersimpan, silahkan tunggu prosesnya hingga selesai.

 

Demikian tutorial cara untuk menghapus cache pada browser google chrome dengan mudah yang telah mastekno sarankan atas tutorialnya. Lakukan pembersihan tersebut secara berkala untuk mencegah adanya penumpukan data yang tidak kita butuhkan lagi. Sehingga penyimpanan tidak penuh oleh file-file sampah.

hanif-pram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *