Komponen Rem Cakram Kendaraan

2 min read

komponen rem cakram

Seperti yang sudah diketahui, bahwa sistem pengereman pada kendaraan adalah bagian penting dalam menunjang keselamatan para pengendara.

Untuk sistem rem ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu sistem pengereman cakram dan tromol. Lantas. seperti apa cara kerja rem cakram terhadap kendaraan? Berikut ulasan lengkapnya.

Pertama-tama, saya akan membahas tentang…

Pengertian Rem Cakram

Rem cakram adalah pengereman kendaraan memanfaatkan piringan kendaraan yang dibuat dari bahan logam. Piringan tersebut akan dijepit oleh kedua cakram rem, cara penjepitannya pun akan dibantu oleh komponen yang bernama torak.

Untuk mencapit piringan tersebut, kampas rem harus memanfaatkan tenaga yang kuat. Kenapa? Karena material bahan yang digunakan oleh piringan ini sangat kuat.

Maka dari itu, rem cakram harus dilengkapi dengan adanya sistem hidrolik. Sistem tersebut terdiri dari silinder roda untuk wadah minyak rem, master silindedr, dan reservoir.

Fungsi Rem Cakram

Seperti yang sudah kalian ketahui, rem cakram merupakan sistem pengereman yang cara kerjanya menjepi piringan oleh kedua kampas rem, kemudian menghentikan putaran piringan yang menempel pada bagian velg kendaraan.

Sistem pengereman seperti rem cakram ini dinyakan lebih responsif dan sederhana apabila dibandingkan dengan jenis pengereman lainnya. Kenapa? Karena sistem rem cakram ini memiliki kampas rem yang lebih kecil, namun kekuatan dalam gesekannya pun jauh lebih kuat.

Oleh karena itu, itulah alasan kenapa rem cakram saat ini sering digunakan oleh kendaraan keluaran terbaru. Selain lebih responsif, cara kerja rem cakram ini sangat baik untuk menghentikan putaran roda kendaraan.

Komponen Rem Cakram

Ini dia pembahasan inti dari artikel ini, yaitu mengenai komponen rem cakram. Adapun rem cakram mempunyai komponen yang masing-masing mempunyai tugasnya. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Disc Brake

Jika kamu belum mengetahui apa itu disc brake? Jadi bagian ini adalah yang sering disebut sebagai piringan. Piringan ini terbuat dari bahan logam, karena bagiannya harus dapat menahan panas yang dihasilkan oleh gesekan antar kedua komponen kampas rem.

Perlu diketahui, piringan tersebut mempunyai dua jenis. Diantaranya sebagai berikut:

  • Ventilated Disc
  • Solid Disc

2. Kampas Rem

Kampas rem atau bahasa mekaniknya adalah brake pad adalah bagian yang mempunyai fungsi untuk menekan piringan rem ketika terjadinya proses pengereman. Untuk membuahkan hasil pengereman yang optimal, kampas rem harus mempunyai gaya gesekan yang besar, dan juga dapat menahan panas yang disebabkan oleh gesekan tersebut.

3. Kaliper Rem

Perlu kamu ketahui, fungsi dari kaliper rem sendiri tidak jauh beda dengan master silindar pada rem tromol. Bagian ini akan merubah tekanan hidrolik menjadi tenaga gerak seperti tekanan. Selain itu, kaliper rem memiliki dua jenis. Diantaranya ialah:

  • Fixed Caliper
  • Floating Caliper

4. Piston

Bukan hanya bagian mesin saja yang menggunakan piston, namun komponen rem cakram pun menggunakan piston. Kenapa bagian ini dinamakan piston? Karena bentuknya tabung seperti piston pada mesin.

Lantas apa fungsi dari piston ini? Yaitu berfungsi untuk menekan kampas rem terhadap piringan secara merata.

Perlu kamu ketahui, ukuran piston rem cakram mobil dan motor ini mempunyai diameter yang berbeda. Untuk mobil sendiri, diameternya lebih besar apabila dibandingkan dengan diameter piston pada cakram motor.

Hal ini bisa dilihat dari bentuk kedua rem yang berbeda, tapi kedua rem tersebut mempunyai fungsi yang sama. Yaitu menghentikan putaran pada roda kendaraan.

***

Itulah 4 komponen cakram yang mempunyai peranan penting terhadap sistem rem cakram pada setiap kendaraan. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasan teman-teman semua.

hanif-pram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *